PN PULANG PISAU DAPAT KADO ISTIMEWA


www.mediakaltengnews.com -Pulang Pisau- Dalam Jumpa Pres Release, tepatnya saat merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 2 yang jatuh hari ini, Kamis 22 Oktober 2020, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pulang Pisau, Agung Nugroho SH, menyampaikan Kinerja Operasional Pengadilan Negeri Pulang Pisau selama 2 tahun.

Acara yang berlangsung di ruang PN pulang pisau tersebut, Agung Nugroho mengatakan, Pembangunan Gedung Pengadilan Negeri Pulang Pisau yang terletak di Jalan Trans Kalimantan, samping Kantor Polres Pulang Pisau adalah sebuah kado istimewa bagi PN Pulang Pisau saat merayakan HUT ini. 

Pembangunan itu katanya akan dimulai pada Bulan November 2020 hingga Juni 2021, dikerjakan dengan sistem multiyear, menelan  anggaran lebih kurang Rp. 28 Miliar. tahap pertama tahun 2020, nilai anggaran sekitar 6 miliar, dan pada tahun 2021 dengan anggaran sekitar 22 miliar.

“ Pengadilan Negeri Pulang Pisau dibentuk berdasarkan Kepres Nomor 14 Tahun 2016 dan resmi dibentuk tanggal 22 Oktober 2018 di Molonhuane Kepulauan Talaud Sulawesi Utara dengan wilayah Yuridiksi mencakup 8 kecamatan 4 kelurahan dan 95 desa”, ujarnya. 

Disampaikannya pula, Dengan Visi terwujudnya Pengadilan Negeri Pulang Pisau Kelas II yang Agung dan Misi menjaga kemandirian Pengadilan Negeri Pulang Pisau Kelas II, memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada pencari keadilan, meningkatkan kualitas kepemimpinan dan memingkatkan kredibilitas dan transparasi di Pengadilan Negeri Pulang Pisau Kelas II.

Sedangkan untuk Motto yaitu Handep Hapakat, Humanis, Akuntabel, Normatif, Damai, Efisien, Pantang Menyerah, Harapan, Aspiratif, Profeaional, Handal, Kredibel, Adil dan transparan, PN Pulang pisau berkomitmen untuk mendukung dan melaksanakan semua program atau inovasi layanan Makamah Agung dan Dirjen Badilum untuk memberikan layanan masyarakat yang prima. PN pulang pisau selalu melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan cepat, tepat, efisien, sederhana dengan biaya ringan.


“Inovasi layanan tersebut berbasis teknologi informasi sehingga inovasi layanan tersebut dapat diakses secara onlaine, seperti layanan sistem informasi penelusuran perkara (SPP) dan 13 pelayanan lainnya”, katanya. 


Kemudian kata Pria yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua PN Tanjung Balai Karimun ini menjelaskan, bahwa bertepatan HUT ke-2, PN pulang pisau akan meluncurkan Aplikasi One Klik, dimana semua inovasi aplikasi dapat diakses melalui satu aplikasi One Klik.


Dia juga menjelaskan, sebagai Satker baru, Pengadilan Negeri Pulang Pisau terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan bagi pencari keadilan dengan cara pemenuhan prasarana pengadilan. Peningkatan sarana dan prasarana tersebut menjadi komitmen PN Pulpis untuk memberikan pelayanam prima kepada masyarakat.


”Komitmen tersebut kami wujudkan melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dengan sistem pelayanan terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap awal sampai tahap penyesuaian produk pelayanan”, imbuhnya.


Harapannya dengan adanya PTSP masyarakat dapat memperoleh pelayanan dengan cepat, tanpa harus bersinggungan dengan petugas lainnya, selain petugas PTSP, sehingga dapat meminimalisir kumungkinan adanya praktik-prakitik bersifat koruptif.


”Dengan menginplementasikan budaya kerja 5R dan 3S oleh seluruh aparat peradilan di PN pulang pisau, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, kami selalu berusaha mewujudkan wilayah bebas dari karupsi (WBK),  dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBK) melalui reformasi birokrasi”, tandasnya.


Agung juga menambahkan, jumlah perkara yang ditangani Pengadilan Negeri Pulang Pisau dari tahun 2018 hingga September 2020, Perkara Perdana sebanyak 4.303, didalamnya terdapat perkara pidana biasa, tindak pidana ringan dan perkara lalu lintas. Kemudian Perkara Perdata sebanyak 53 perkara. Kemudian selama 2 tahun berdiri PN Pulpis, penghargaan yang telah diterima diantaranya, Sertipikat  Akreditasi dari Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum dan Juara III Penyerapan Realisasi Anggaran tahum 2019 se wilayah Pengadilan Tinggi Palangka Raya.


” Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau beserja jajarannya, khususnya elemen masyarakat di Bumi Handep Hapakat atas dulungan dan kerjasamanya sehingga pembangunan Gedung Pengadilan Negeri Pulang Pisau dapat terwujudkan pada momen peringatan HUT Pengadilan Negeri Pulang Pisau ke-2”, tutupnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url