DPD Perpedayak di Pulang Pisau ini Terus Melebarkan Sayapnya

https://www.mediakaltengnews.com -Pulang Pisau- Organisasi Masyarakat (Ormas) Dayak ini terus melebarkan sayapnya dari tingkat Dewan Pengurus Daerah hingga ke Pengurus Anak Cabang (PAC). 

Pada kali ini, Ormas yang bernama Perkumpulan Pemuda Dayak (Perpedayak)  Pasukan Merah Lawung Bahandang yang berada di kabupaten Pulang Pisau selaku Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) nya  yaitu Beni, telah membentuk Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan PAC. 

Adapun pada tahap pertama,  Beni sampaikan, untuk DPC kecamatan Kahayan Hilir telah terbentuk diketuai oleh Tarsen. Sedangkan untuk PAC masih dalam kecamatan Kahayan Hilir untuk desa Buntoi diketuai oleh Debi atau akrabnya dipanggil Belang. Sedangkan untuk desa Gohong diketuai oleh Priadi Imat atau sapaan akrabnya Koling. 

“ Pelebaran sayap dibawah naungan DPD kabupaten Pulang Pisau terus kita tingkatkan, hingga Perpedayak disini tidak menutup kemungkinan mengakar kesuluruh desa yang berada di kabupaten Pulang Pisau. Seperti halnya Di kecamatan Jabiren Raya juga sudah ada,  yakni di Desa Henda sudah terbentuk lebih awal PAC-nya ”, ujarnya, Minggu (20/06/2021).

Beni sampaikan pula,  Perpedayak ini merupakan ormas dayak yang bergerak khusus untuk menghidupkan, menjaga dan melestarikan adat budaya dayak kalimantan itu sendiri, khususnya disini mengangkat budaya adat dayak kalimantan tengah. hal itu agar generasi anak dayak kedepan terus mengenal adat budayanya sendiri sehingga tidak akan tenggelam ditelan masa. kalau bahasa dayaknya menghidupkan,  menjaga dan melestarikan budaya dayak disebut dengan ‘manggatang utus’.

“ Siapa saja boleh bergabung dengan ormas ini apalagi dia orang asli kalimantan. Akan tetapi masuk ormas ini tidak ada unsur paksaan ataupun unsur menyesatkan namun berdasarkan kemaun diri sendiri ”, pungkasnya. (Penulis Drt)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url