Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke 77, Polda Kalteng Menilai 3 Poskamling di Barito Utara

BARITO UTARA, MKNews- Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke 77, tiga Poskamling di Kabupaten Barito Utara (Barut), dikunjungi oleh Tim Penilai Satkamling Polda Kalimantan Tengah (Kalteng),teraktif dan memiliki sarana prasarana pendukung Kamtibmas terlengkap, selama malam, 6 Juni 2023.

Tim Penilai lomba Satkamling dipimpin oleh, AKBP Anastasia Greta Kumala, S.Sos, MSi, dan anggota IPTU Akhmad Sahid, Brigpol Petrus Agung Seftiyanto, Penda Suganda dan Bripda I Kadek Septiana.

Adapun tiga poskamling yang diikutkan lomba antara lain, Poskamling RT. 20.A dan Poskamling RT. 12. B, di Kelurahan Melayu. Sementara satu poskamling yang juga di kunjungi adalah Pos Kamling di Kelurahan Jambu.

Lomba Penilaian Pos Kamling dilaksanakan di seluruh Kabupaten yang ada di kalimantan tengah, lomba ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara Ke 77 tahun 2023.

Ketua Tim Penilai Satkamling Polda Kalteng, AKBP Anastasia Greta Kumala, SSos, MSi mengatakan kegiatan ini di lakukan untuk membangkitkan dan meningkatkan kembali peran aktif masyarakat dalam pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat.

Sebab kata dia, dua tahun kegiatan vakum karena pandemi covid 19, poskamling di jadikan PPKM dan lingkungan menjadi KPM, setelah covid 19 menghilang kemudian ada program revalitasi Satkamling, yaitu mengaktifkan kembali poskamling di wilayah wilayah. Oleh sebabnya kita giatkan lagi melalui lomba ini, karena Satkamling dan keamanan menjadi tanggung jawab bersama. 

"Apalagi di tahun 2024 dimana masuk tahun politik, keberadaan poskamling ini dirasa sangat penting, selain menjaga keamanan lingkungan, juga bisa dijadikan sarana para warga berkumpul untuk saling gotong royong, wadah saling berbagi informasi dan komunikasi,  ucap Anastasia Greta.

Usai menilai poskamling RT. 12.B, Tim penilai satkamling Polda Kalteng lanjut mengunjungi poskamling RT. 20.A RW. 05 Jalan Mawar, tim juga didampingi oleh Camat Teweh Tengah Jati Prayoga, Lurah Melayu Dayat Salikin, Kabag Ops Polres Barito Utara Kompol Reny Arafah, Kasat Bimas AKP Rahmadi, Kapolsek Teweh Tengah Kompol Riyanto Puji Raharjo, dan Babinsa.

Sementara Ketua RT. 20. A Kel. Melayu, Saprudianto, AMd, yang juga merupakan tokoh pemuda Barito Utara mengatakan  mengucapkan terima kasih kepada Polres Barito Utara, atas kepercayaannya, bahwa poskamling kami kembali ikut serta dalam lomba Satkamling tingkat polda kalimantan tengah, dalam rangka HUT Bhayangkara Ke 77 tahun 2023 ini.

"Lebih lanjut dikatakan Yanto panggilan akrabnya, bahwa sebelumnya tim Polres Barito Utara ( Barut), juga sudah melakukan penilaian satkamling di tingkat kabupaten, RT kami adalah RT Swadaya, Mandiri dan semangat gotong royong yang tinggi, Swadaya dan Gotong Royong seperti, Jaga malam bergiliran, pembuatan Pos Kamling, Pintu Gerbang, Bak Sampah, Plang Bak sampah, PJU Jalan, Tiang Bendera di rumah Warga dan lainnya, berkat semangat gotong royong, dukungan serta kekompakan warga, jangan heran RT kami memiliki segudang prestasi.

"Diantaranya pernah Juara Satu Lomba Kebersihan dan Kesemarakan lingkungan antar RT HUT Barito Utara, Juara Satu Lomba Pos Kamling tingkat kabupaten Barito Utara HUT Bhayangkara dan Juara Tiga lomba Satkamling Tingkat Polda Kalimantan Tengah, dengan kategori Poskamling teraktif dan memiliki sarana prasarana pendukung Kamtibmas terlengkap, ucap yanto penuh semangat. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url