Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Murung Raya Menggelar Penyelenggaraan Bimtek ANBK Tahun 2023

Puruk Cahu, mediakaltengnews.com - Disdikbud menggelar kegiatan Bimbek ANBK sebanyak 252 Proktor Sekolah mulai tingkat jenjang SD,MI,MTS dan SMP. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Kadisdikbud ), Melalui Kepala Bidang (Kabid ) Pembinaan dan Pendidikan Dasar  (Disdak), Martono, S.Pd, dalam  sambutannya, dia menyatakan bahwa  Bimtek ANBK tersebut dilaksanakan secara terbuka dan Bimtek ini pertama kali dibuat di Kabupaten Murung Raya mengingat dalam 2 (dua) tahun terakhir karena pandemi covid-19  kemarin,seluruh aktivitas melalui dalam jaringan (daring), Bimtek ANBK 2023 kali ini digelarkan secara langsung yang disenggarakan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira Tangka Belang Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah. 

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah sebagai tolak ukur potret kinerja, mulai dari kepsek, lingkungan sekolah, output peserta didik yang berkaitan dengan literasi, numerasi dan karakter. Pemda melalui Disdikbud berkewajiban mempersiapkan dengan sebaik-baiknya yang berkaitan dengan sumber daya manusia termasuk sarana dan prasarananya,” ujar, Kabid Disdak

Jelas Kabid Dikdas, proktor sekaligus teknisi memiliki peranan penting dalam  menunjangn karir kesuksesan pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Mulai dari penyiapan perangkat komputer atau laptop sampai sarana pendukung lainnya untuk membantu dalam kegiatan Bimbingan Teknis. Senin, (28/8/2023)

“Dilaksanakan Penyelenggaraan Bimtek ANBK tersebut agar peserta atau proktor harus melaksanakan secara cermat serta memahami tentang teknis pelaksanaan di sekolahnya masing-masing, baik itu bagi sekolah yang melaksanakan ANBK secara mandiri atau sekolah yang masih melaksanakan ANBK yang bekerjasama dengan sekolah lain,” Jelas Martono, saat diwawancarai awak media usai kegiatannya. 

Tambah Kabid Dikdas Martono, untuk diketahui,  jumlah proktor sekolah SD sesuai dengan undangan sebanyak 182 (Seratus Delapan Puluh Dua) SD serta SMP sebanyak 70 (Tujuh Puluh) SMP. “Manfaatkan waktu Bimtek ini dengan sebaik-baiknya, agar pada pelaksanaan ANBK nantinya pun berjalan dengan baik.

Agenda Bimtek ANBK tersebut di hadiri Ketua Panitia Bimtek beserta anggota, narasumber dari lingkup Disdikbud Kabupaten Murung Raya dan SMPN 1 Murung, Koordinator Pengawas Sekolah serta undangan lainnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url