Momentum Festival Seni Qasidah Dalam Rangka Mengembangkan Seni Budaya di Tingang Menteng

KUALA KAPUAS, MKNews - Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Setda kabupaten Kapuas, Ahmad M Saribi dalam hal ini mewakili Pj Bupati Kapuas menghadiri sekaligus membuka Acara Festival Seni Qasidah ke-2 tingkat Kabupaten Kapuas tahun 2024.

Acara yang diselenggarakan di Lapangan Bukit Ngalang pada hari Jum'at (21/6/2024) pukul 15.00 WIB, ini diikuti 345 peserta terdiri dari cabang-cabang yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas.

Turut hadir, Pj TP PKK Kapuas Agustina Erlin Hardi, Perwakilan Forkopimda, Sejumlah Kepala Perangkat daerah, Kepala Kantor Kementerian Agama, Camat, Ormas Islam, dan Seluruh Pengurus Lasqi Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas serta Peserta Lomba Festival Seni Qasidah.

Saat membacakan sambutan tertulis Pj Bupati, Asisten III Setda Kapuas, Ahmad M Saribi mengatakan sangat mengapresiasi atas kegiatan Festival Seni Qasidah ke-II tingkat Kabupaten Kapuas.

"Momentum Festival Seni Qasidah ini dalam rangka mengembangkan seni budaya islam di Tingang Menteng Panunjung Tarung di Kota Kuala Kapuas," ujarnya.

Seni qasidah bukan sekadar hiburan semata, tetapi juga sarana dakwah yang kuat, mengingatkan kita akan nilai-nilai agama, moralitas, dan etika yang luhur," jelasnya. 

Menurutnya, melalui Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) kesenian ini harus terus dikembangkan, dipacu dan ditingkatkan kualitasnya karena memiliki misi yang cukup jelas yaitu seni sebagai media dakwah. 

"Melalui karya seni budaya dalam membangun etika dan moral bangsa, membangun umat melalui nilai-nilai seni budaya Islam," tambahnya.

Ia berharap festival ini menjadi wahana untuk memperkokoh persatuan, mempromosikan seni qasidah, serta meningkatkan mutu seni islami dan pemahaman akan agama," kata Ahmad M Saribi.

Sementara itu, Ketua Lasqi Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas, H Suwarno Muriyat menyampaikan Festival Seni Qasidah ke-2 tingkat Kabupaten Kapuas diikuti 345 peserta dari bermacam cabang-cabang yang dilombakan.

"Dari masing-masing cabang ada 7 grup rebana dari 17 Kecamatan, mulai dari Kategori bintang vokalis anak, remaja, dan dewasa putra dan putri," bebernya.

Kemudian, dari hasil lomba ini akan diseleksi untuk diikut sertakan pada festival seni qasidah tingkat Provinsi di bulan Agustus, dan juga dalam satu bulan kita akan melakukan pembinaan.

"Sebagai informasi Kabupaten Kapuas dalam 2 tahun terakhir meraih juara tingkat Nasional di NTB untuk vokalis remaja putra, dan juga untuk tahun lalu mendapatkan juara untuk vokalis putri, serta juara harapan dalam festival seni qasidahnya," kata Suwarno.

Dari kejuaraan festival ini nanti kami bertekad dan menyeleksi peserta terbaik untuk kita sertakan di festival qasidah tingkat Provinsi. 

"Sedangkan untuk juri kita datangkan dari Provinsi Kalteng sekaligus untuk pembinaan agar Kapuas bisa mempertahankan juara," demikian kata Ketua Lasqi Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas, H Suwarno Muriyat. (Heri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url