Pemprov Kalteng Gelar Pasar Murah Untuk Tekan Laju Inflasi Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 H Di Kabupaten Kapuas

KUALA KAPUAS, MKNews - Menjelang perayaan Idul Adha 1445 H/2024 M atau Hari Raya Kurban, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah bersinergi dengan Gerakan Nasional Pengendali Inflasi Pangan (GNPIP) Kalimantan tengah menggelar Pasar Murah serentak di 13 Kabupaten 1 Kota yang di Kalimantan Tengah dalam rangka menekan laju inflasi.

Pasar murah yang digelar di 5 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas ini dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah, H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M., Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi S.T., yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas, Septedy, Ketua DPD-KNPI Provinsi Kalimantan Tengah, Alfian Mawardi, Ketua MUI Kabupaten Kapuas, KH. Nurani Sarji, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, serta segenap tamu undangan dan juga masyarakat Kapuas, bertempat di Halaman Kantor Samsat Kapuas, Minggu (16/6/2024).

Dalam sambutannya Wagub Kalteng, H. Edy Pratowo mengungkapkan Pasar Murah ini digelar untuk mengurangi beban masyarakat dalam rangka menekan terjadinya Inflasi kebutuhan harga pokok dipasaran.

"Pasar murah atau pasar penyeimbang ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan Pemprov Kalteng sesuai dengan intruksi Presiden RI untuk memastikan kepada seluruh masyarakat Indonesia melaluis gubernur, bupati, dan walikota untuk terus melakukan upaya menekan terjadinya inflasi kebutuhan pokok dipasaran sebagai akibat dari situasi global yang terjadi di dunia", ucap Wagub,

Lebih Lanjut, Edy Pratowo menuturkan melalui kegiatan apsar murah ini diharapkan mampu untuk menjaga stabilitas harga supaya tidak naik,

"Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa rata-rata bahan pokok yang mengalami kenaikan harga diantaranya yaitu beras, cabai, bawang, sehingga pemerintah provinsi punya kewajiban untuk selalu mendorong kepada pemerintah Kabupaten/Kota untuk bekerja sama dan berkolaborasi melaksanakan pasar murah atau pasar penyeimbang", tutur Edy.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Kapuas, Septedy, saat diwawancarai awak media mengatakan Pemerintah Kabupaten Kapuas beserta seluruh masyarakat sangat berterima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yang melaksanakan kegiatan pasar murah,

"Pemerintah Kabupaten Kapuas mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur karena tentu kegiatan ini sangat membantu masyarakat Kabupaten Kapuas terutama dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H, dan kita doakan untuk Gubernur dan Wakil Gubernur agar selalu sehat dan semua hajat terkabul", ucap Septedy.

Untuk pasar murah terdapat sebanyak 2500 paket sembako, yang dibagikan masing-masing 500 paket di 5 titik kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas, yang mana masing-masing paket berisi 10 kg beras premium dan 1 liter minyak goreng senilai Rp 192.500. Paket sembako disubsidi oleh Pemerintah Provinsi sebesar Rp.172.500 sehingga masyarakat hanya membayar sebesar Rp.20.000 per paket, yang kemudian disubsidi kembali sehingga paket sembako ini diperoleh masyarakat secara gratis.

Selain Pasar murah, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan Hewan Qurban dari Pemprov Kalimantan Tengah dimana hewan kurban yang dibagikan di 13 Kabupaten dan 1 Kota se-Kalteng sebanyak 1.000 ekor dan Kabupaten Kapuas mendapatkan 176 ekor yaitu 173 ekor sapi lokal dan 3 ekor sapi limosin yang nantinya akan di serahkan untuk masjid – masjid yang ada di Kabupaten Kapuas.(Heri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url