Dampak Buruk Kecaduan Gadget pada Anak, ini Harapan Srikandi Dewan

https://www.mediakaltengnews.com Peran orang tua mengontrol aktivitas anak-anak dalam mengakses teknologi sangat penting, terutama saat bermain game yang dapat memberikan dampak buruk terhadap hal positif seperti belajar. 

Anggota DPRD Murung Raya Olivia Wiswanti mengimbau kepada para orang tua agar dapat mengontrol penggunaan teknologi, terutama smart phone atau gadget pada anak-anak. Menurutnya, perlu ketegasan orang tua dalam mengontrol kebiasaan anak sangat penting. 

Sebab apabila terus dibiarkan maka kecanduan bisa menimbulkan dampak buruk tidak hanya pendidikan tapi juga dari segi kesehatan.

“Pada dasarnya teknologi ini juga ada dampak positifnya jika digunakan dengan bijak, namun bagi anak-anak itu yang mereka ketahui hanya untuk main game, jadi harus benar-benar dikontrol,” imbuhnya “Bermain game, apabila dilakukan berlebihan maka akan dapat memberikan dampak buruk bagi anak. 

Misalnya lupa belajar dan melakukan hal positif lainnya. Makanya perlu pengawasan orang tua,” kata Olivia, Rabu (22/5/2024). 

Politisi Partai Golkar ini mengakui, ketika anak kecanduan bermain game maka akan sulit bagi orang tua menghentikan kebiasaan tersebut. Maka penting bagi orang tua melakukan kontrol, bisa dengan membatasi pengunaan gadget oleh sang anak atau cara lainnya. 

“Waktunya bisa diatur misal boleh bermain game tapi utamakan terlebih dahulu belajar, dan dalam penggunaanya juga harus dibatasi waktunya. Misalkan hanya di beri bermains selama 30 menit atau 1 jam,” tambahnya
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url