Pelatihan Kader Posyandu Peningkatan Kapasitas di Desa Tawan Jaya

BARITO UTARA, MKNews-Pelatihan Kader Posyandu Peningkatan Kapasitas Seluruh Kader Posyandu dalam rangka melaksanakan peran dan tugas kader serta cara pencatatan buku administrasi Posyandu Desa Tawan Jaya di Balai desa setempat, Sabtu 20/07/2024.

Kegiatan pelatihan kader Posyandu ini menghadirkan pemateri dari UPT Puskesmas PIR Butong yaitu Bapak Pariadi, AR.,SKM yang juga Kepala UPT Puskesmas PIR Butong, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara.

Kepala UPT Puskesmas PIR Butong Pariadi, AR.,SKM mengungkapkan, bahwa tujuan pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kapasitas kader baik pembukuan, pemahamannya tentang pelaksanaan Posbindu PPM, Posbindu Balita, Posbindu Ibu Hamil, PKL dan sebagainya di Posyandu Desa Tawan Jaya.

"Adapun kegiatan ini di inisiasi oleh desa sesuai RAPBDes mereka di tahun ini. Kami dari UPT Puskesmas PIR Butong mendukung kegiatan ini karena kader bersentuhan dengan masyarakat jadi kami harus mensupport kegiatan ini, karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat," ungkap Pariadi.

Dan kita berharap semakin tahun semakin baik pelayanan kesehatan di desa yang berkaitan langsung dengan masyarakat, karena kesehatan itu akan meningkat ketika masyarakat nya menyadari bahwa kebutuhan kesehatan itu adalah milik dirinya sendiri sehingga menggugah dirinya untuk peduli tentang kesehatan.

"Karena tanpa dari masyarakat untuk bisa peduli tentang kesehatan, pemerintah desa dan insan kesehatan hanya pelaksana. Jadi kerja sama lintas sektor itu lebih kita tingkatkan kedepan dan kegiatan seperti ini kalau bisa tiap tahun dilaksanakan," ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Tawan Jaya, Ester mengapresiasi kegiatan pelatihan untuk kader Posyandu tersebut. Dirinya berharap dengan adanya peningkatan kapasitas kader maka semakin rinci dan teliti untuk setiap petugas yang membidangi kegiatan Posyandu tersebut, sehingga akan menunjang pelaporan anggaran yang di gunakan," pungkasnya. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url