PJ Bupati Kapuas Erlin Hardi Menghadiri Peringatan HAN ke-40 di Kapuas Dirangkai Dengan PIN Polio

KUALA KAPUAS – Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi didampingi Pj Ketua TP PKK sekaligus Bunda Forum Anak Daerah Kabupaten Kapuas Ny. Agustina Erlin Hardi menghadiri acara puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke 40 Kabupaten Kapuas Tahun 2024, bertempat di Hall Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Selasa (23/7). Acara tersebut juga dirangkai dengan Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahap II Tahun 2024.

Adapun Tema HAN Tahun 2024 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan sub Tema “Anak Merdeka dari Kekerasan, Perkawinan Anak, Pekerja Anak dan Stunting,”. HAN diperingati setiap tahun menjadi momentum penting bagi semua untuk mengingatkan bahwa anak-anak adalah aset berharga bangsa. Mereka adalah masa depan yang perlu diberi perhatian dan perlindungan secara maksimal.

Selain itu juga, kita semua harus menyadari bahwa Kesehatan adalah modal utama bagi kemajuan suatu daerah. Salah satu upaya penting dalam menjaga Kesehatan masyarakat, terutama generasi muda, adalah dengan memberikan imunisasi yang lengkap dan tepat waktu.

Polio adalah penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kecacatan permanen, oleh karena itu, kita tidak boleh lengah dan harus memastikan bahwa seluruh anak di Kabupaten Kapuas mendapatkan Imunisasi Polio yang lengkap.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi menyampaikan sebagai Pj Bupati, dirinya menitik beratkan poin pentingnya memberikan Pendidikan, Kesehatan, dan Perlindungan yang terbaik bagi anak-anak agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta menjadi generasi penerus yang berkualitas.

“KemenPPA melakukan serangkaian upaya mulai dari mengintegrasikan perspektif haka nak pada kebijakan dan program Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah serta Pemdes, pembentukan dan penguatan Forum Anak, mendorong tersedianya Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga), layanan unit pelaksana teknis Daerah perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA), satuan Pendidikan ramah anak, pelayanan ramah anak di Puskesmas, pusat kreativitas anak. Rumah ibadah ramah anak dan lain-lain, termasuk melakukan koordinasi perumusan dan pelaksanaan kebijakan perlindungan anak dengan Pemerintah Daerah dan Masyarakat,” jelasnya.

Pada kesempatan itu juga, dilaksanakan secara simbolis pemberian imunisasi Polio untuk enam orang bayi terpilih, Tindakan ini bukan hanya sebagai bentuk perayaan semata, tetapi lebih dari itu, merupakan komitmen nyara Pemerintah dan Masyarakat Kapuas dalam menjaga Kesehatan generasi penerus.

Sebagaimana diketahui bersama, Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio ini bertujuan untuk memberikan imunisasi kepada anak-anak usia 0-7 tahun tanpa memandang status imuniasai sebelumnya.

“Kabupaten Kapuas memiliki target besar dalam melindungi 54.729 anak yang tersebar di 17 Kecamatan dari ancaman penyakit polio. Hal ini merupakan bagian dari upaya kita untuk memastikan generasi mud akita tumbuh sehat dan kuat, bebas dari penyakit yang dapat dicegah melalui imunisasi. 

Cakupan imunisasi polio di Indonesia pada tahun 2023 mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dengan cakupan Nasional BOPV4 hanya mencapai 72,4 persen, hal ini jauh dibawah target minimal 95 persen untuk setiap putaran perdosis,” tegasnya.

Erlin mengatakan, Pemerintah Daerah berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas Pendidikan dan kesejahteraan anak-anak. Melalui berbagai program Pendidikan, pelatihan dan pengembangan potensi, dirinya ingin menciptakan generasi muda yang cerdas, kreatif serta memiliki nilai-nilai kebaikan dan integritas serta anak berpartisipasi dalam pembangunan dan perlindungan sosial.

“Mari kita jadikan peringatan HAN ke-40 dan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio ini sebagai momentum untuk berkomitmen lebih dalam lagi dalam memberikan perlindungan, Pendidikan dan Kesehatan yang terbaik bagi anak-anak agar terciptanya kesejahteraan anak-anak dan keluarga Indonesia,” tutur Pj Bupati Kapuas itu.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, U
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url