Potensi Daerah Sangat Melimpah, Ini Yang Harus Dilakukan Kata Komisi I DPRD Mura

Puruk Cahu - https://www.mediakaltengnews.com Sejumlah wilayah Kecamatan dan perdesaan di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah ini memiliki potensi yang sangat beragam dan melimpah.

Potensi yang melimpah tersebut merupakan modal utama yang harus dan terus ditingkatkan di masa mendatang.

Anggota komisi 1 DPRD Kabupaten Murung Raya, Rumiadi, S.E, SH.,M.H, mendorong pemerintah daerah setempat agar dapat menggali berbagai sektor potensial yang ada di wilayah.

Ia menyakini, ada banyak sektor potensial daerah terutama wilayah kecamatan maupun di desa, baik itu ketahanan pangan seperti pertanian, perkebunan, perikanan dan pertenakan maupun pariwisata.

“Untuk sektor ketahanan pangan saya rasa di wilayah kita ini sangat potensial, misalnya pengembangan pertanian karena memiliki tingkat kesuburan tanah yang cukup baik,” kata Rumiadi, Jumat (19/4/2024).

Selain itu, lanjutnya, pada sektor pariwisata juga pastinya memiliki potensial besar terlebih di kecamatan dan perdesaan, ada banyak desa yang memiliki objek wisata alam bagus seperti air terjun dan lainya, hanya saja belum dikembangkan.

Contoh di wilayah Kecamatan Murung tidak jauh dari ibukota Puruk Cahu memiliki potensi wisata yang harus dikembangkan, seperti Air Terjon Tosah Desa Muara Jaan itu sering di kunjungi ribuan masyarakat ketika dihari-hari besar.

“Termasuk wilayah Kecamatan Tanah Siang, kecamatan Seribu Riam dan kecamatan lainya, disana terdapat banyak desa-desa memiliki potensi wisata namun untuk pengembanganya perlu ada perhatian dari pemda,” ujar komisi 1 DPRD Kabupaten Murung Raya ini.

Dikatakannya, apabila semua potensi itu dapat dikembangkan dengan baik maka hal tersebut dapat memberikan dampak positif bagi daerah, misal ketahanan pangan untuk memenuhi kebutuhan daerah secara berkelanjutan.

“Begitu juga dengan pariwisata akan dapat meningkatkan PAD, ini harus bisa menjadi parhatian bersama. Apalagi Kalteng sebagai penyangga IKN jaraknya dekat termasuk daerah kita Murung Raya ini menjadi potensi bagi daerah,” pungkas Rumiadi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url