Hari Kedua, KPU Barito Utara Terima Berkas Pendaftaran Dua Bapaslon Peserta Pilkada 2024

BARITO UTARA, MKNews-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara (Barut) menerima berkas dua bakal pasangan calon (bapaslon) yang mendaftar sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara (Barut), yaitu Akhmad Gunadi Nadalsyah dan Sastra Jaya (Agi-Saja), kemudian H. Gogo Purman Jaya dan Hendro Nakalelo (Gogo-Helo).

Pendaftaran pencalonan ini dimulai sejak tanggal 27 Agustus kemarin kemudian dilanjutkan pada hari ini yaitu tanggal 28, dan besok tanggal 29 juga kita masih membuka pendaftaran mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 23.59 WIB. Dan untuk tanggal 27 kemarin memang tidak ada yang melakukan pendaftaran," Kata Ketua KPU Kabupaten Barito Utara Siska Dewi Lestari, Rabu 28/08/2024 sore.

Kemudian pada tanggal 28 hari ini baru ada dua bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati yang melakukan pendaftaran ke Kantor KPU Kabupaten Barito Utara. Dan yang pertama yaitu Akhmad Gunadi Nadalsyah dan Sastra Jaya (Agi-Saja) pada pukul 08.00 WIB selanjutnya pada pukul 12.00 WIB H. Gogo Purman Jaya dan Hendro Nakalelo (Gogo-Helo).

"Dan selanjutnya, berdasarkan hasil setelah kedua bakal pasangan calon (bapaslon) melakukan pendaftaran tadi, dan lalu kami periksa yaitu terkait masalah berkas-berkas yang telah disampaikan kepada kami ada dua dokumen yang kami periksa, yang pertama adalah dokumen persyaratan pencalonan yang kedua adalah dokumen persyaratan calon," ucap Ketua KPU Barito Utara.

Siska menjelaskan, untuk dokumen persyaratan pencalonan itu harus lengkap dan benar, kemudian untuk dokumen persyaratan calon itu syaratnya lengkap. Jadi hasilnya dari dua bakal pasangan calon yang mendaftar tadi semuanya dapat diterima. Dan selanjutnya dua bakal pasangan calon, sudah kami berikan surat pengantar untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Doris Silvanus Palangka Raya.

"Jadi untuk pemeriksaan kesehatan itu bisa dilakukan satu hari setelah mereka melakukan pendaftaran. Yang melakukannya adalah pihak medis atau tim pemeriksa yang sudah dibentuk oleh RSUD dr Doris Silvanus, karena KPU Kabupaten Barito Utara bekerja sama dengan RSUD dr Doris Silvanus, baru melakukan penelitian administrasi calon. Pada tanggal 22 September 2024 nanti itu dilakukan proses penetapan pasangan calon.

"Yang dilanjutkan pengundian nomor urut pada tanggal 23 September. Pemeriksaan kesehatan sudah bisa dilakukan pasangan calon mulai besok tanggal 29 Agustus 2024. Ketua KPU Kabupaten Barito Utara memastikan bahwa dari Independen sudah tidak ada lagi akan tetapi sampai tanggal 29 masih kita tunggu," jelasnya.(Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url