Meningkatkan Minat Baca Kepada Anak Usia Dini Kadisarpustaka Kapuas Buka Lomba Bercerita Tingkat SD/MI

KUALA KAPUAS,MKNews - Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kapuas, H. Suwarno Muriyat, membuka lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca, kreativitas, dan kemampuan bercerita siswa-siswi di wilayah Kapuas, Kamis (8/8) pagi di Rumah Betang Bukit Ngalangkang Kuala Kapuas

H. Suwarno Muriyat, dalam sambutannya menyatakan jika setiap cerita terkandung nasehat, hiburan dan penambah wawasan bagi pencerita maupun para pendengar. “Melalui Lomba Bercerita ini kita bangun budaya literasi, karakter terpuji serta mencintai budaya lokal, ” ucapnya. 

Mantan Kadisdik Kapuas ini menegaskan agar peserta lomba nantinya dapat menjadi generasi muda yang tidak hanya cerdas dan kreatif, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan berakhlak mulia. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin yang terus mendukung pengembangan kualitas pendidikan dan budaya literasi di Kabupaten Kapuas.

Sebelumnya Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Hj.Norli Orestia, melaporkan lomba bercerita Tingkat SD/MI berlangusng selama sehari dan diikuti sebanyak 25 peserta didik. 

“Tma Lomba bercerita adalah Membangun generasi muda untuk gemar membaca serta menumbuhkembangkan karakter bangsa melalui kecintaan terhadap budaya lokal. Semua peserta mendapat piagam penghargaan dari Kadisarpustaka Kapuas serta bingkiran berupa tumbler dari Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas," terangnya. 

Adapun juara 1, 2, 3 hingga harapan 3 mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan, dan tiga orang juri berasal dari komunitas pendongeng dan Kabid.


"Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, terutama Ketua TP PKK yang telah memberi bingkisan kepada semua peserta lomba," pungkasnya.(Heri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url