Pj Sekda Seruyan Buka Rakor FKUB dan Deklarasi Bersama Menuju Pilkada yang Rukun, Aman dan Damai Tahun 2024

KUALA PEMBUANG- MKNews- Pj Bupati Seruyan, Djainuddin Noor, melalui Pj Sekda Seruyan, Bahrun Abbas, membuka secara resmi rakor Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan deklarasi bersama menuju pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Seruyan yang rukun, aman, dan damai tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Seruyan, Kamis (19/9).

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Bawaslu Seruyan, Pimpinan Partai Politik, Ketua Organisasi Keagamaan, Ketua Majelis Jamaat, Tokoh Agama, Masyarakat, Adat, Pemuda dan Ketua Tim Pemenangan Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Seruyan Tahun 2024.

Pj Sekda Seruyan, Bahrun Abbas, menekankan pentingnya keharusan bagi bangsa Indonesia dan khususnya warga Kabupaten Seruyan untuk menjunjung tinggi kerukunan dan keharmonisan dalam hidup berbangsa dan beragama.

"Karena kita hidup di negara yang heterogen, yang kaya akan keanekaragaman," ujarnya.

Menurutnya, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) memiliki peran yang penting dalam rangka menjaga kerukunan dan kedamaian beragama yang sudah lama terjalin selama ini.

"Selain itu, FKUB juga bisa menangkal dari berbagai upaya yang akan merongrong keharmonisan yang sudah terbangun selama ini, dan bisa melakukan langkah pencegahan dalam rangka menghindari perpecahan dan perselisihan ditengah tengah umat beragama," tutur Bahrun Abbas. 

Bahrun Abbas juga menggambarkan potensi untuk biasanya terjadi perselisihan di tengah masyarakat yaitu, adalah perbedaan pilihan. Salah satunya seperti dalam proses pemilihan kepala daerah yang sebentar lagi akan diselenggarakan. 

"Kondisi ini harus kita antisipasi sejak dini, dalam bentuk komitmen bersama- sama menjaga dan memelihara kerukunan umat beragama, suku, ras atau golongan, serta menjaga kedamaian di Bumi Gawi Hantantiring yang kita cintai ini, walaupun diantara kita berbeda pilihan," ujarnya. 

Bahrun Abbas menegaskan, bahwa pihaknya dari pemerintah daerah sangat mengapresiasi kepada forum kerukunan umat beragama Kabupaten Seruyan atas terselenggaranya kegiatan rakor dan deklarasi bersama ini. 

"Hal ini membuktikan bahwa peran aktif dan fungsi FKUB ditengah tengah masyarakat dalam rangka menjaga dan memelihara kerukunan umat bergama diperlukan oleh kita semua," tegas Bahrun Abbas. (gan )
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url