Wartawan Harus Berikan Berita Berimbang


 

PURUK CAHU, mediakaltengnews.com - Kalangan DPRD Murung Raya mengingatkan agar wartawan dan media menjaga netralitas pemberitaan dalam menghadapi Pemilu 2024.

Menurut ketua DPRD Mura  Bebie, S.Sos, SH.,MM,MAP, wartawan hendaknya bisa menyaring dan memilah informasi mana yang sebaiknya disampaikan ke publik dengan tetap menjaga netralitas. Sebab sebagai wartawan profesional dan berkompeten harus bisa bersikap netral dalam menjalankan profesinya

”Sikap netral dalam pemberitaan pemilu,, sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Pasal 1 KEJ menyatakan, wartawan Indonesia bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk," tegasnya, Selasa (3/9/2024).

Dikatakan politis Mura PDIP Mura ini  dalam hal ini, bingkai moral menjadi hal yang sangat penting. “Mudah-mudahan hal ini menjadi “roh” bagi semua pihak, sehingga wartawan dapat menyajikan informasi yang benar dan dapat menjadi penyambung lidah bagi siapa pun," tukasnya.

Ia menambahkan bahwa sebentar lagi akan ada kampanye serentak di berbagai daerah terutama di Murung Raya yang tercinta. Dalam hal ini diperlukan netralitas dan kemerdekaan pers yang tidak memihak siapa pun, termasuk calon kepala daerah. "Netralitas wartawan ini menjadi sesuatu yang penting dan jangan sampai diabaikan oleh oknum tertentu," tandasnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url